Hubungi kami

 

Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday619
mod_vvisit_counterYesterday562
mod_vvisit_counterThis week619
mod_vvisit_counterLast week8588
mod_vvisit_counterThis month30292
mod_vvisit_counterLast month66551
mod_vvisit_counterAll days249642

We have: 6 guests, 2 bots online
Your IP: 184.73.52.98
 , 
Today: Apr 19, 2014
23
Mar
TUJUAN PERNIKAHAN DAN KELUARGA KRISTEN PDF Print E-mail

Oleh: Pdt. Yakub B. Susabda Ph.D

 

 

Apa tujuan dari pernikahan dan keluarga Kristen? Untuk maksud apa orang Kristen menikah dan berkeluarga? Pertanyaan yang sering kita dengar ini sudah coba dijawab, baik melalui konseling pranikah, ceramah-ceramah, maupun seminar-seminar. Bahkan hampir setiap buku tentang pernikahan dan keluarga Kristen selalu dimulai dengan membahas pertanyaan ini. Meskipun demikian selalu saja pertanyaan ini ditanyakan. Rupanya keragu-raguan tak dapat disingkirkan dari dalam hati banyak orang karena mungkin realitanya mereka sendiri menjalani kehidupan pernikahan dan keluarga yang sekali-kali tidak berbeda dari orang-orang non-Kristen. Yaitu kehidupan pernikahan dan keluarga "yang alami/natural" di mana orang bertemu, saling mencinta, membuat tekad bersama, meresmikan ikatan mereka, hidup bersama, bekerja mengumpulkan uang dan harta benda (untuk dinikmati bersama sampai hari tua), melahirkan anak-anak, mendidik, membesarkan, dan mempersiapkan mereka untuk kehidupan yang mandiri dan bahagia. Yah suatu kehidupan dengan tujuan kebahagiaan.

Inilah tujuan dari pernikahan dan keluarga "yang alami" yang memang secara praktis sudah coba dijalani oleh hampir setiap orang, termasuk umat Kristiani. Tidak heran jikalau pergumulan mereka dalam pernikahan dan keluarga seringkali hanyalah untuk mengatasi dan menyelesaikan hambatan-hambatan dalam proses pernikahan dan keluarga mereka yang “alami” tersebut . Sulit bagi mereka untuk mengerti dan mempercayai mereka , dari perspektif iman kristen , usaha mereka untuk membentuk pernikahan dan membangun keluarga yang bahagia adalah suatu kesia-siaan jikalau itu semata- mata manifestasi proses alami, tanpa tujuan seperti yang telah ditetapkan oleh Allah.

Pernikahan dan keluarga Kristen mempunyai tujuan yang jelas karena memang untuk maksud itulah Allah menciptakan lembaga pernikahan. Bahkan Allah menetapkan bahwa lembaga pernikahan dan keluarga menjadi pusat kehidupan manusia seutuhnya, karena:

 

1. Melalui pernikahan dan keluarga Kristen manusia dipersiapkan untuk betul-betul menjadi manusia yang seutuhnya. Sangat mengherankan, bahwa bukan gereja dan bukan pula sekolah yang ditetapkan Allah untuk membentuk manusia menjadi manusia seutuhnya, tetapi keluarga. Melalui keluarga:

a. Manusia belajar mengembangkan pattern/pola kerja dari jiwa yang cocok untuk memahami kasih Allah yang unconditional (kasih yang tak bersyarat).

Alkitab menyaksikan bahwa Allah yang sejati adalah Allah yang kasih-Nya unconditional. Artinya Ia adalah Allah yang mengasihi manusia bukan oleh karena kondisi manusia yang sudah pantas untuk dikasihi. Alkitab bahkan menyaksikan bahwa "....waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang berdosa" (Roma 5:6). Artinya sementara manusia masih dan sedang berkanjang dalam dosa dan melawan Allah, Allah mengutus Putra-Nya yang Tunggal untuk mati bagi mereka dan menebus dosa mereka. Kasih Allah adalah kasih yang unconditional.

Coba bayangkan, apa yang terjadi dan bagaimana manusia dapat "mengenal dan menghayati" kasih Allah tersebut, jikalau mereka lahir dibesarkan dalam keluarga di mana jiwa mereka cuma terlatih untuk mengerti kasih yang conditional, kasih yang bersyarat. Banyak anak, termasuk anak-anak dalam keluarga Kristen yang hanya merasakan kasih orangtua pada saat mereka manis, menurut, dan menyenangkan hati orang tua tersebut. Sebaliknya , pada saat mereka menjengkelkan, sikap orang-tua berubah dan kasihnya tak dapat dirasakan lagi. Pada saat-saat seperti itu, disiplin menjadi punishment, dan nafsu kemarahan hanya mengkomunikasikan hukuman, kebencian, dan penolakan saja. Meskipun mungkin setelah itu disesali, tetap pattern/pola jiwa yang hanya mampu berkomunikasi dengan kasih yang conditional-lah yang telah terbentuk. Pattern/pola jiwa ini akan terbawa sepanjang umur hidup mereka. Sehingga pemahaman cognitif rasionil bahwa kasih Allah adalah kasih yang unconditional, tidak pernah dapat benar-benar diterima dan dihayati oleh jiwa mereka. Mungkin mereka sudah dilahirkan baru dan diselamatkan, tetapi sulit bagi mereka untuk tumbuh secara rohani karena jiwa mereka terjerat pada pattern/pola yang hanya bisa berkomunikasi dengan kasih yang conditional saja.

b. Manusia belajar mengembangkan pattern/pola kerja jiwa yang cocok untuk memahami kehendak Allah yang predictable (yang dapat diduga).

Alkitab juga menyaksikan bahwa Allah yang hidup adalah Allah yang berkehendak dan kehendak-Nya predictable. Ia bukan Allah yang firman- Nya tersembunyi, atau terlalu sulit untuk difahami. Ia adalah Allah yang firman-Nya dianugerahkan begitu dekat, bahkan menyatu dengan hati, mulut dan bibir anak-anak-Nya (Ulangan 30:11- 14, 4:7-8). Orang percaya disebut sebagai sahabat-sahabat-Nya (bukan hamba-hamba) karena "segala sesuatu yang diketahui Allah, yang perlu untuk keselamatan dan kehidupan dalam kebenaran" sudah diberikan kepada mereka (Yohanes 15:14-15). Allah adalah Allah yang firman-Nya predictable.

Celakanya manusia selalu terjebak dalam keinginantahuan atas hal-hal yang sekunder, yang Allahpun sebenarnya tidak selalu menetapkan sama seperti Ia telah menetapkan kehendak-Nya dalam keselamatan dan kehidupan dalam kebenaran-Nya. Dalam hal-hal sekunder inilah manusia terjebak pada kehendak Allah yang seolah-olah unpredictable (yang tak dapat diduga). Padahal yang terjadi seringkali adalah manusia menghadapi dengan realita dari buah interaksi antara dirinya yang berdosa dengan hukum alam (natural laws) yang diciptakan Allah. Soal sakit dan kesembuhan, hal menanamkan modal, keuntungan atau kerugian dalam usaha, tujuan dan cita-cita pribadi, pergaulan dan hal memilih jodoh, studi, karir, adalah hal-hal yang sekunder, yang bobot kepentingannya tidak sama dengan kepentingan dari keselamatan dan kehidupan dalam kebenaran. Dalam hal-hal inilah kehendak Allah seolah-olah dirasakan unpredictable, karena pada akhirnya setiap manusia harus bertanggung-jawab sesuai dengan pertanggung-jawaban, kebebasan dan level kematangan pribadinya.

Kembali ke persoalan semula, kita percaya bahwa dalam keluarga Kristen manusia ditetapkan untuk mengembangkan pattern/pola kerja jiwa yang cocok untuk memahami kehendak Allah yang predictable. Kehendak Allah dalam konteks keselamatan dan kehidupann dalam kebenaran-Nya adalah kehendak Allah yang predictable. Dan hal yang menghayati realita anugerah ini merupakan salah satu kunci yang menentukan pertumbuhan rohani orang percaya. Oleh sebab itu, masalah ini menjadi masalah yang krusial pada saat kita menemukan betapa banyaknya orang Kristen yang dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga di mana pattern/pola jiwa yang cocok untuk ini tidak pernah dikembangkan. Banyak anak-anak keluarga Kristen yang pengalaman dengan orangtuanya justru mengembangkan pola jiwa yang cuma cocok untuk berhubungan dengan kehendak yang unpredictable. Misalnya, pada saat senang orang-tua begitu permisif mengijinkan anak untuk nonton TV sampai larut malam. Tetapi hari berikutnya, pada saat hatinya kurang senang, orang-tua melarang dan dengan sikap yang sangat tidak bersahabat memarahi anak-anak ketika mereka duduk nonton TV di sore hari. Sikap unpredictable ini bukan hanya menghancurkan pembentukan konsep tentang nilai (mana yang baik dan mana yang tidak baik), tetapi yang lebih serius, ini akan menutup kemungkinan bagi jiwa mereka menghayati kebenaran Alkitab bahwa kehendak Allah betul-betul sudah disediakan dan predictable.

c. Manusia belajar untuk mengembangkan jiwa yang dapat mempercayai sesamanya.

Jiwa yang dapat mempercayai (trusting) adalah jiwa manusia sebagai makhluk sosial. Tanpa jiwa yang dapat mempercayai, manusia sulit bergaul dan bekerja sama dengan sesamanya dan tidak mampu membangun kehidupan bermasyarakat. Manusia menjadi anti-sosial dan hidup dalam dunianya sendiri. Bahkan manusia hidup dengan hukum- hukum yang diciptakan dan dianutnya sendiri. Ia menjadi manusia egoistik dan tidak berperasaan. Dengan kata lain, manusia kehilangan keutuhannya sebagai manusia, jikalau ia tidak mempunyai jiwa yang dapat mempercayai sesamanya.

Jiwa yang "dapat mempercayai sesamanya" ini biasanya terbentuk dan berkembang pada masa kecil, sejak lahir sampai kira-kira berusia 2 th. Pembentukan dan perkembangannya hanya terjadi dalam konteks keluarga yang hangat yang mengenal dan mempraktekkan cinta kasih secara konsisten. Tanpa cinta kasih dari orang-tua (terutama ibu) perkembangan jiwa anak akan terhambat dan anak tidak lagi mempunyai kemampuan untuk dapat mempercayai sesamanya. Betapa besarnya peran keluarga dalam pembentukan manusia yang seutuhnya.

d. Manusia belajar mengembangkan jiwa yang dapat menghargai kemampuan dan karyanya sendiri.

Dengan bakat otonomi, inisiatif dan industri, manusia barulah menjadi manusia seutuhnya, yang berkarya, dan berinovasi untuk menjadi berkat dalam kehidupan ini. Tanpa jiwa yang menghargai kemampuan dan karyanya sendiri, manusia menjadi manusia yang tidak berguna, yang menjadi beban bagi sesamanya.

Perkembangan jiwa dengan kualitas ini merupakan hal yang sangat penting, karena tanpa itu, manusia tidak pernah siap untuk menjadi manusia yang seutuhnya. Dan sekali lagi hal yang mengherankan ini juga dipercayakan Allah kepada keluarga. Dalam keluargalah bakat otonomi, inisiatif, dan industri dibentuk, yaitu melalui sikap orangtua yang mendorong pertumbuhan jiwa yang sehat tersebut sejak anak berusia 3 tahun.

Orang-tua yang membelenggu anaknya dengan 1001 macam peraturan dalam rumah, mematikan curiosity (keinginan tahu) si anak, dan takut dirugikan dengan kreativitas di luar kemauannya, akan menghasilkan anak-anak dengan jiwa ragu-ragu, terus-menerus merasa bersalah, dan rendah diri. Anak-anak ini di kemudian hari akan tumbuh menjadi manusia-manusia yang tanpa inisiatif, dan tak punya "self confidence dan self-esteem" (kepercayaan dan penghargaan pada dirinya sendiri)." Mereka akan menjadi manusia-manusia yang tidak berguna. Dengan ini sekali lagi kita disadarkan betapa besarnya kepentingan dan peran dari keluarga.

 

2. Melalui pernikahan dan pembentukan keluarga, orang percaya dipanggil untuk masuk ke dalam proses pendidikan yang paling efektif.

Alkitab menyaksikan bahwa manusia diciptakan Allah menurut rupa dan gambar-Nya (Kejadian 1:26). Dan salah satu karekteristik dari natur manusia yang istimewa ini adalah pertumbuhannya yang tidak mengenal kata cukup. Manusia diciptakan untuk terus-menerus tumbuh dalam bakat, talenta dan kebenaran. Sehingga manusia dapat dipersiapkan untuk menjadi partner (rekan kerja) Allah dalam mengerjakan dan mengelola seluruh ciptaanNya (Kejadian 1:28, Efesus 2:10).

Sayang sekali proses pertumbuhan ini mandeg, bahkan menjadi kacau- balau setelah manusia jatuh dalam dosa. Sejak itu menusia tidak lagi menyadari akan maksud Allah dengan pernikahan dan pembentukan keluarga supaya melalui itulah manusia masuk dalam proses pertumbuhan yang tidak henti-hentinya. Di mata Allah, pernikahan dan pembentukan keluarga adalah sarana pendidikan yang paling efektif. Tidak heran jikalau setalah menciptakan Adam, Allah berfirman, tidak baik kalau manusia itu seorang diri. "Aku akan menjadikan seorang penolong yang sepadan baginya" (Kejadian2:18). Hubungan antara Adam dengan "penolongnya yang sepadan" adalah hubungan suami-istri yang sah. Yaitu hubungan seorang laki-laki dan seorang perempuan yang telah dipersatukan oleh Allah, yang mengikatkan mereka dalam ikatan yang istimewa yang akan memaksa mereka untuk terus-menerus tumbuh. Dalam hubungan dengan istrinya, Adam terpaksa harus belajar menahan diri, bersabar, peka terhadap perasaan dan jalan pikiran orang lain, dan bahkan menghargai pendapat yang mungkin sangat berbeda dengan pikirannya sendiri. Adam harus bergumul dan dapat mentaklukkan selera dan perasaannya sendiri yang berubah-ubah. Ia harus terus- menerus belajar mengasihi isterinya dalam keadaan apapun. Termasuk dalam keadaan dimana isterinya mungkin menjadi seorang yang sangat menjengkelkan hatinya."

Adam adalah manusia yang diciptakan Allah dengan kondisi dan potensi yang sangat baik. Adam pasti mampu mengerjakan pekerjaan yang Allah percayakan padanya dengan hasil yang sangat baik pula (misalnya, dalam menggarap bumi ini). Meskipun demikian, di mata Allah Adam seorang dirinya sendiri "tidak baik." Allah tidak terlalu mempedulikan "hasil/achievement," atau apa yang Adam bisa kerjakan. Allah lebih mempedulikan apa yang terjadi dalam "hati" Adam. Sebagai peta dan gambar Allah, Adam harus menjadi "makluk yang terus-menerus tumbuh dalam kebenaran." Itulah maksud dari inisiatif Allah dalam pernikahan dan pembentukan keluarga. Betapa pentingnya pernikahan dan pembentukan keluarga di mata Allah. Karena melalui itulah manusia dapat mengalami pertumbuhan dalam kebenaran.

 
Banner
Copyright © 2014 konselingkristen.org. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.